Tuesday, June 25, 2013

Kuliner Korea Part.2 -Tteokbokki-

Tteokbokki, salah satu makanan korea populer yang dalam post kali ini akan dibahas tentang tteokbokki itu sendiri, bahan-bahan yang digunakan, jenis-jenis tteokbokki, serta resep pembuatannya. Selamat membaca dan mencoba.
 Apasih Tteokbokki?
Tteokbokki, juga dikenal sebagai ddeokbokki, topokki (di Jepang) atau dukboki, 
merupakan makanan ringan populer Korea yang umumnya dibeli dari PKL atau pojangmacha .  Awalnya disebut tteok jjim (떡찜), dan direbus hidangan irisan kue beras , daging, telur, dan bumbu.

Bahan bahan yang diperlukan apa saja?
Bahan utama dari Tteokbokki adalah kue beras rebus, kamaboko (atau u-Mook dalam bahasa Korea), daun bawang, gochujang , bawang, bawang putih potong dadu, garam, gula dan berbagai jenis bumbu berdasarkan rasa. Bahan lainnya termasuk telur rebus, tumis mandu (pangsit Korea), sosis, ramyeon (versi Korea ramen ), dan berbagai makanan laut goreng atau sayuran (yang disebut " twigim "dalam bahasa Korea). Namun, imajinasi dan inovasi sering dilakukan untuk memasak Tteokbokki.

Apa saja jenis-jenis Tteokbokki?
                Karena popularitas Tteokbokki, berbagai jenis Tteokbokki telah diciptakan. Sama seperti jenis makanan lain yang populer, Tteokbokki memiliki berbagai macam jenis. Misalnya, Tteokbokki dengan potongan daging babi adalah kombinasi dari Tteokbokki tradisional dengan saus potongan daging babi dan daging. Ada juga jenis lain yang disebut "Shanghai Topokki" yang menggantikan saus lada merah tradisional dengan saus tiram terkenal Cina. Juga, salah satu jenis Tteokbokki yang terkenal di Korea adalah rabokki. Ini adalah kombinasi dari Tteokbokki dan ramyeon (versi Korearamen ). Bagi orang-orang sibuk, Tteokbokki juga dijual di tusuk sate yang disebut "Teok kkochi". "Tteok kkochi" sebagian besar goreng daripada rebus dan saus yang sedikit berbeda juga. Ada banyak jenis Tteokbokki seperti kari Tteokbokki, seafood Tteokbokki, Tteokbokki pasta, keju Tteokbokki, ayam Tteokbokki, dll .

Bagaimana cara membuat Tteokbokki?
Bahan:
200 g Garrateuk (kue beras)
1/4 buah bawang bombay
1 buah cabe merah
1 sdt minyak goreng
1 sdt minyak wijen
Bumbu:
1 sdm bubuk cabe merah
1 sdm Gochujang ,  taujo cabe merah
1 sdm bawang putih yang dicincang halus
1/2 sdm gula pasir
3 sdm kaldu daging (disini saya menggunakan masako yang ditambah air sebagai pengganti)
sedikit lada hitam, dan minyak wijen

Cara membuat:
Garrateuk dicampurkan dengan minyak wijen. 
Potong melintang bawang bombay dan cabe merah.
Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang putih. Lalu masukkan bumbu. Setelah bumbu masak, masukkan bawang bombay dan cabe.
Masukkan garraetuk dan tumislah hingga bumbu diresap.
Tteokbokki siap disajikan.

No comments:

Post a Comment